Selasa, 30 Agustus 2016

Review Undangan Pernikahan

Undangan pernikahan adalah hal yang menurut saya paling -penting nggak penting- untuk dibuat.
Kenapa?
Pengalaman saya menerima undangan nikahan pasti setelah menerima undangan hardnya di baca-dibawa ke kondangan-beberapa hari atau bulan kemudian di buang :""(
Mengingat saya juga beda kota dengan acara pernikahan, agak kesulitan untuk ngasih undangan dan pasti akan ribet banget semisal undangan dikirim via Pos, bayangkan memakan biaya berapa hanya untuk menyebar 600 undangan???
Tapi di satu sisi... kalo nggak ada undangan hardfile rasanya nggak sopan, kurang berkenan gitu tanpa undangan berbentuk hardfile. Hmmm dilema......... :")

Kami memilih untuk tetap ada undangan hardfile biar bagaimanapun, undangan hardfile ini sangat penting. Apalagi untuk atasan, keluarga besar, dan teman dekat, dikarenakan juga orang tua saya masih tetep kekeh harus menggunakan undangan hardfile untuk semua undangan jadi...kami memesan 600 undangan. Jumlah ini menurut info dari mama yang survey ke gedung, kapasitas gedung kami (Puri Ardhya Garini Halim) 1500 orang, sehingga kami memesan 600 undangan sisanya bisa kirim online.
((FYI pada praktiknya 600 undangan ini agak mubazir untuk saya dan si mas karena sulitnya pengiriman undangan hardfile, tapi jadi nggak mubazir mengingat orang tua saya menyebarkan undangan ke teman-temannya kebiasaan harus hardfile jadi....sebagian besar buat teman-teman mama dan papa hehe))


Saya sempat searching vendor undangan baik via online (kebanyakan sih searching di IG huehehe) dan juga vendor langsung yang merupakan rekanan mama dan teman-teman di Bali. Sebelum memilih vendor saya memutuskan prioritas apa yang dicari untuk memilih undangan :
1. Harga!!
Menurut saya undangan itu nggak penting tapi penting, jadi karena biaya nikah mahal, maka menurut saya undangan ini biaya nikah yang paling bisa di press! Jadi saya akan jatuh cinta pada harga yang bisa memberikan murah huahaha
2. Desain
Desain saya minta bantuan teman sebangku zaman SMA namanya Dita, dia yang buat ilustrator kartun lucu gitu buat saya dan si mas. Jadi desain utama udah fix dari dita :"D dan untuk desain dari vendor juga harus liat hasil desain soft dan hasil printnya sesuai nggak. Kadang ada yang buram-buram gitu nggak sesuai sama softfile soalnya.
3. Kualitas kertas
Kualitas kertas ini penting banget menurut saya, karena beberapa kali liat undangan lucu pas ketemu vendornya, kertasnya hmmm terlalu tipis atau kertasnya kurang mantab di hati, jadi menurut saya juga harus di cek deh kertasnya.
4. Paket Undangan
Lagi-lagi ini berkaitan soal harga, sometimes vendor undangan ini bilang harganya Rp 5000, setelah fix jadi pake vendor tersebut ternyata di luar harga plastik dan tempelan nama jadi jatuhnya Rp 7000/undangan. Itu contoh kasus teman saya loh. Jadi tanya dengan detail paket undangan yang diberikan vendor terdiri dari apa saja yaa.

Setelah searching dan membanding-bandingkan, saya langsung jatuh hati pada vendor undangan @paperbird.co, you can also check her desain on IG @paperbird.co. Waktu itu minta pricelistnya dulu via email, mbaknya ini responnya cepet banget!
Setelah itu diskusi sama mama, karena lokasi undangan berada di Yogyakarta, saya diskusikan dulu sama mama repot nggak ambil undangannya karena saya di Bali, mama di Jakarta dan alhamdulillah mama nggak masalah karena masih harus ngurus kosan juga di Jogja jadi Yeahh asheek.

Kebetulan waktu itu mama pas banget harus ke jogja dan waktu itu saya minta mbak paperbirds untuk ketemuan dan bawa contoh-contoh undangan untuk milih desain dan kertas, mbaknya pun mau nyamperin ke rumah kami dan bawa desain-desainnya. Mama saya langsung sreg pada salah satu desain yang pake pita-pita gitu di depannya, kertas juga mama yang pilih dan pas nanya harga sesuai dengan budget! Yuhuu langsung deh fix pesan!

@paperbird.co ini baik banget sih misal kita ada kurang sreg dengan desainnya dia langsung cepat perbaiki, responnya juga cepet, dan asiknya adalah dikasih diskon gratis buku tamu juga yang desainnya sesuai dengan undangan, pas bangeet karena waktu itu untuk acara akad saya belum ada buku tamu dan udah langsung dapet sekalian buku tamu dari paperbirds. Alhamdulillah :"""")

Berikut ini desain undangan pernikahan saya dan si mas :

Ini desain dari Dita temen SMA saya, mirip POOOLLL!!! Thank you banget ya dit!! 


Softfile Desain Undangan Bagian Dalam

Softfile Desain Undangan Bagian Depan dan Belakang
*Btw itu denah Gedung Ardhya Garini nyomot dari undangan orang :p *

Undangan Hardfile Bagian Dalam

Naaah ini bagian depannya yang pake pita-pita

Review hasil hardfilenya baguusssss, sesuai dengan softfile dan jernih banget warna-warnanya. Untuk harga undangan : Rp 5000 (Udah termasuk pita dan tali, plastik, label nama, dan gratis buku tamu)
Overall memuaskan, dan setelah acara saya ada kontel (Konco Kentel) yang udah fix dapet vendor undangan eeeh beralih juga akhirnya ke paperbirds :p
Good luck for your wedding ya Ana! :))

19 komentar:

  1. Hai mba. Membantu sekali postingannya untuk saya. Aku cari di IG @paperbirds ko ga ada ya mba? Apakah mba punya no telp dari pihak vendor ? Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mbak Debby, nama IG nya @paperbird.co mungkin aku kurang tepat ya nulisnya di postingan ini, Line nya : paperbird. Makasih yaa udah ingetin kalo ada salah tulis :)

      Hapus
  2. Sampurasun Calon Pengantin Bandung!!

    Kini Balai Sartika Convention Hall, Buah Batu Bandung memiliki New Concept Design:

    FULL CARPET, FULL AC & CHANDELIER

    KELEBIHAN YANG DIDAPATKAN:
    1. Ballroom Full AC Central, 2 Standing AC depan pelaminan dan 6 standing AC di titik tertentu
    2. Gedung Full Carpet, Lampu Kristal
    3. Terdapat 4 Ruang Rias Full AC, Full Karpet dan kamar mandi
    4. Kursi 200 Buah & Sudah termasuk listrik 15.000 watt
    5. Service dari Wedding Organizer & Wedding Consultant HIS Balai Sartika
    6. Wedding Consultant Professional yang siap mendampingi Calon Pengantin
    7. Security, Free Parkir dan Akses Tol & Jalan Mudah
    8. Lucky Dip
    9. Paket Fleksibel dapat berubah sesuai kebutuhan Calon Pengantin
    10. Porsi Catering menyesuaikan kebutuhan Calon Pengantin


    Dapatkan juga spesial promo untuk booking bulan Oktober 2017!!!
    Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi :

    Qonitah
    Whatsapp : 087889588933
    No. HP : 0895802405796
    Instagram : @his_balaisartika
    No. Kantor : 022-73517149

    Gedung Bikasoga lt.1 (HIS Balai Sartika)
    Jl. Suryalaya Indah No.1-3, Buah Batu

    BalasHapus
  3. Paket Pernikahan di PATRA JASA YUDISTIRA BALLROOM
    (Jl. Jend. Gatot Subroto Kav 32-34 Jakarta Selatan):

    - Fasilitas Gedung (Full AC & Full karpet),
    - Dekorasi,
    - Catering,
    - Rias & Busana,
    - Entertainment,
    - Photography,
    - Tim WO 8 orang + MC
    - Mobil Pengantin Alphard

    FREE HONEYMOON 4D3N di MALDIVES+FLIGHT / IPHONE 7+ / Logam Mulia 20gr (tanpa diundi) & masih banyak lagii

    Segera hubungi marketing HIS Wedding Patra Jasa : 087784646736 (Isna)

    BalasHapus
  4. hallo sist, ikut nimbrung ya? dari 4 point, saya setuju sekali untuk point 2-4 kecuali yang nomer 1 :)
    undangan pernikahan itu menurut kami " first impression" , logikanya gini, andai kalian sudah spend bujet untuk gedung, katering, makeup dll sangat banyak... terutama gedung yang dalam kategori prestisius, sayang kan? kalau undangannya asal ada saja? ga harus mahal kok, yang penting berkesan dan tidak asal jadi. so, undangan juga memiliki hak asasi yang sama dalam acara pernikahan... ha ha ha.
    maaf ya sist, sekedar share info saja dari kami vendor wedding invitation. just my silly opinion
    buat teman teman blogger yang lagi blog walking seperti saya, ada banyak jenis undangan di blog saya. silahkan visit, lengkap dengan semua penjelasan, harga, ukuran, bahan dll sesuai dengan apa yang ada di point 2 postingan ini.
    www.uniquecardwedding.co.id

    happy hunting

    BalasHapus
  5. Sekarang mau melangsungkan pernikahan tidak perlu ribet, dapatkan juga paket Honeymoon ke JAPAN selama 5 hrai 4 malam gratis tanpa di undi. Yuuk gabung bersama kami Venue & wedding organizer by HIS K link Tower Jl. Jend. Gatot Subroto Kav 59A Lt.12 Jakarta Selatan, kamu udah bisa dapatkan:
    - Fasilitas Gedung (Full AC & Full karpet),
    - Dekorasi,
    - Catering,
    - Rias & Busana,
    - Entertainment,
    - Photography,
    - Tim WO 8 orang + MC
    - Mobil Pengantin Alphard
    FREE HONEYMOON 4D3N di JAPAN+FLIGHT (tanpa diundi) & masih banyak lagii Segera hubungi marketing HIS Venue & Wedding Organizer by HIS K LINK TOWER : 0895 4103 28343 (ozi)

    BalasHapus
  6. sekarang kalo mau nikah ga usah pusing atau bingung hubungin vendor ini itu cari yang cocok kesana kesini banyak hal yg couple buang percuma misalnya waktu tapi ga nemu yg couple inginkan sekarang udah da HIS BALAI SARTIKA BDG yang menjawab semua kegundahgulanaan couple apa aja yg kamu dapetin disini ? couple udah dapet gedung dgn fasilitas sudah berkarpet premium dan full ac central seperti ballroom hotel kamu juga udah nemuin vendor-vendor ternama di bdg seperti : 1. Catering 2. Make UP & Attire 3. Dekorasi 4. Entertainment 5. Fotography 6. Upacara Adat 7. 8 Orang WO profesional + MC 8. Mobil pengantin
    Bonus Cash BACK 20 Juta rp atau Umroh Couple Atau Iphone x Couple (Tanpa diundi ) dan masih banyak lagi segera hubungi 087804563524 (dini)

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Selamat pagi akang dan teteh calon penganten Kota Bandung.

    Bagi akang teteh yang sedang mencari gedung penikahan, wedding organizer, dan ingin mendapatkan vendor-vendor terbaik di Kota Bandung tidak perlu khawatir karena aku dari HIS Balai Sartika Convention Hall akan membantu keinginan akang dan teteh untuk menciptakan pernikahan impian akang dan teteh nih. Di HIS Balai Sartika Convention Hall sekarang sudah One Stop Wedding Service yang dimana nanti mulai pre wedding, wedding day, dan post wedding akan ada yang membantu dan memberikan saran untuk pernikahannya teteh dan akan ada pendampingan hingga acara pernikahannya. Akang dan teteh bisa menentukan vendor-vendor yang di dinginkan nanti akan aku kasih referensi nya.

    Di HIS Balai Sartika sudah full carpet, Lokasi yang sangat strategis dekat dengan Tol Buah Batu dan Moh.toha, AC nya pun sudah centaral, terdapat 4 ruang rias (2 VIP makeup room), kapasitasnya pun hingga 2000pax, untuk parkir kendaraan mencapai 600 kendaraan. Hanya dengan BOOKING 5JUTA akang dan teteh bisa mendapatkan bonus UMRAH untuk 2 orang atau Honeymoon ke MALDIVES selama 5 Hari 4 Malam!!!

    Ingin mendapatkan info selanjutnya ? Langsung hubungi aja ke :
    ROSIANTI,
    WA ( 085624295686 )
    IG ( rosi.hisbalaisartika )
    E-mail ( rosianti.hiscorp@gmail.com )

    BalasHapus
  8. Halo para calon pengantin! Udah pada tau belum di bulan ramadan ini HIS Kologdam Grand Ballroom lagi kasih promo spesial buat kalian loh...
    Penasaran gak sih sama promonya apa aja?
    Khusus booking date di bulan ramadan tahun ini kalian bakalan dapetin:
    - Umrah For Couple
    - THR Up To 30 Juta
    - Hampers Special Ramadan!
    *Syarat dan ketentuan berlaku.

    Untuk info lebih lanjut yuk segera hubungi Ayu (WA 081324570721)

    BalasHapus
  9. Halo Para Calon Pengantin Bandung!!!

    Kini HIS Corp. hadir dengan PROMO terbaru bulan Maret. Promo yang kami luncurkan yaitu ALL IN WEDDING PACKAGE. Penasaran ada apa aja sih di Paket weddingnya itu?
    Mulai dari Venue yaitu di Gedung Balai Sartika Convention Hall, Buah Batu Bandung. Catering, Dekorasi, Dokumentasi, Entertainment dan masih banyak lagi...
    Selain Paket lengkap, Calon Pengantin juga akan dapat BONUS!! Seperti Honeymoon (3 Hari 2 Malam) di Bali, dll.
    Selain BONUS, Calon Pengantin juga bisa mendapatkan Lucky Dip (Cincin emas, Voucher Frank N Co, dll)
    Penasaran sama Paket Weddingnya? atau BONUSnya?

    Yuk bisa datang langsung ke :
    HIS Wedding Venue & Organizer
    Gedung BIKASOGA
    Jl. Suryalaya Indah No. 1-3 Buah Batu, Cijagra, Lengkong, Bandung 40265

    Atau hubungi:
    Zulfa whatsapp 089611648377

    BalasHapus
  10. Sudah punya rencana nikah tapi masih bingung cari wedding organizer yang tepat? Kami dari HIS K-LINK TOWER GRAND BALLROOM kami sudah menyediakan all in package jadi anda tidak perlu repot cari vendor lain karena semua sudah kami yang handle.
    All in package include:
    - Gedung (FULL AC & FULL KARPET)
    - Catering
    - Dekorasi
    - Rias & Busana
    - Bridal
    - Entertainment
    - Photography
    - Wedding Organizer
    - Bonus (MC, WEDDING CAR, HONEYMOON KE JEPANG, LOGAM MULIA)

    For more info and detail:
    Marketing & wedding consultant
    Mira 083899440355 (WA)

    BalasHapus
  11. Hallo Brides & Grooms to be.. Buat kalian yang sedang mencari gedung pernikahan full carpet dan nyaman, HIS Balai Sartika Convention Hall Bandung bisa jadi pilihanmu. Selain gedung pernikahan kalian juga tidak perlu repot lagi mencari wedding planner dan wedding organizer, catering, dekorasi, MC, fotografi, prosesi adat, rias busana, wedding car, musik entertainment. Tinggal pilih vendor pilihan kalian saja. Jangan lewatkan bonus menarik seperti Honeymoon 3 hari 2 malam di Bali Prime resort ataupun cashback 25 juta rupiah, tanpa diundi! Info lebih lanjut bisa hubungi Yesi (WA 085723503203).

    BalasHapus
  12. Izin ya kak..

    SEPTEMBER SUPER VIBES
    Dear brides and grooms to be, mana nih suaranya?
    Udah sampai mana persiapan buat pernikahannya? apa aja sih kendala yg kalian hadapi selama proses persiapannya? ribet dan kebingungan harus memulai dari mana?
    Yuk jangan khawatir dan dibawa pusing karena wedding consultant dari HIS Kologdam Grand Ballroom akan membantu persiapan pernikahan kalian dari mulai persiapan sampai hari H. Venue? Udah ada. Vendor? Banyak pilihannya. Punya konsep sendiri? Bisa disesuaikan kok.
    Penasaran apa aja yang kami berikan? Dari mulai catering, dekorasi, rias busana, photography, entertainment, upacara adat, mc, wedding car, beserta wo untuk di hari H. SO??? Yuk segera konsultasikan persiapan pernikahanmu sekarang juga. Banyak promo menarik juga khusus di bulan september ini diantaranya:
    * Smart TV 50 inches
    * Siraman / Engagement
    * Frank & Co Jewelry
    * Voucher Informa 10 Juta
    * Honeymoon to Krabi Thailand (3D2N)

    Pilihlah 1 dari ke 5 promo diatas.
    Untuk info lebih lanjut yuk segera hubungi Ayu-HIS Kologdam (WA 081324570721)

    BalasHapus
  13. ALL IN PACKAGE by HIS KOLOGDAM GRAND BALLROOM BANDUNG
    Include: Fasilitas, Catering, Decorasi, Rias&Busana, Photography, Entertainment, Upacara Adat, Master of Ceremony (MC), dan Wedding Car.
    Kelebihan: Venue full carpet, one stop wedding service, lokasi strategis, parkir luas, masjid untuk akad, kapasitas gedung 1000-2000 tamu, keamanan terjamin, WO berpengalaman, rekanan vendor berkualitas, ceiling gedung yang tinggi.

    Segala proses persiapanmu akan terasa lebih mudah karena akan ada wedding public relation, wedding planner dan wedding executor yang ikut membantu dari mulai persiapan sampai hari pernikahanmu nanti! Setiap minggunya akan ada promo menarik dengan hanya melakukan booking fee Rp5.000.000, untuk informasi lebih lanjut yuk segera hubungi (Ayu 081324570721)

    BalasHapus
  14. HALOO CALON PENGANTIN BANDUNG :)

    Untuk akang dan teteh para calon pengantin, lagi cari-cari gedung dan paket pernikahan di Bandung?
    Kini HIS Wedding Venue & Organizer KOLOGDAM GRAND BALLROOM, telah menghadirkan konsep terbaru dengan Gedung Full Carpet dan Lampu Kristal yang membuat suasana pernikahan semakin elegant dan exclusive lohh.

    Kita juga udah All in package include, diantaranya:
    - Gedung (FULL AC & FULL KARPET)
    - Catering
    - Dekorasi
    - Rias & Busana
    - Entertainment
    - Photography & Videography
    - Upacara Adat
    - MC
    - Wedding Organizer
    - Wedding Car

    Daaaaan banyak bonus-bonus lainnyaaaa
    Pastinya kita juga udah banyak rekanan vendor ternama di Bandung

    For more info and detail boleh langsung hubungi:
    Wedding Public Relation HIS Kologdam

    MEGA AULIA : 08989798215 (WA)

    Berikut photo dan video lainnya bisa kunjungi
    INSTAGRAM : @his_kologdam

    BalasHapus
  15. Dear Akang & Teteh Calon Pengantin,

    Salam hangat dari HIS Balai Sartika Bandung.

    Sebelumnya apakah Akang & Teteh sudah mendapatkan gedung pernikahan yang tepat untuk pernikahan Akang & Teteh? Jika belum, perkenalkan kami dari HIS Wedding Venue and Organizer Balai Sartika Convention Hall.

    HIS Wedding Venue & Organizer sudah berpengalaman menangani lebih dari 200 pernikahan dengan berbagai macam tema dan impian para pengantin. Kami dengan senang hati akan membantu menjadi bagian dari kesuksesan hari bahagia calon pasangan pengantin berikutnya.

    PAKET SUDAH TERMASUK :
    1. Venue full carpet di Balai Sartika Convention Hall.
    2. Catering - Bebas memilih vendor.
    3. Dekorasi all area - Bebas memilih vendor.
    4. Paket Make Up & Busana - Bebas memilih vendor.
    5. Dokumentasi Prewedding-Siraman-Akad-Resepsi.
    6. Music Entertainment - Bebas memilih vendor.
    7. Upacara Adat.
    8. MC Akad & Resepsi.
    9. Acara Adat Siraman & Pengajian.
    10. Wedding public relations & wedding planner untuk calon pengantin.
    11. Wedding executor by HIS.

    KELEBIHAN YANG DIDAPATKAN:
    1. Ballroom Full AC.
    2. Gedung Full Carpet, Lampu Kristal.
    3. Ruang rias ekslusif.
    4. 350 kursi permanen, sudah termasuk listrik 15.000 watt & genset.
    5. Service dari Wedding Public Relations, Wedding Planner & Wedding Executor di HIS Balai Sartika.
    6. Free Charge Kebersihan, Free Charge Masjid dan Akses Tol & Jalan Mudah.
    7. Paket Fleksibel dapat berubah sesuai kebutuhan Calon Pengantin.
    8. Porsi Catering menyesuaikan kebutuhan Calon Pengantin.

    Jika Akang dan Teteh membutuhkan informasi lebih lanjut, silakan untuk menghubungi saya melalui telfon atau Whatsapp di 081220713315 (Rica Valenti), atau Akang dan Teteh bisa langsung mengunjungi kantor HIS Balai Sartika di Jalan Suryalaya Indah no 1-3 Bandung.

    Berikut photo dan video lainnya bisa kunjungi
    INSTAGRAM : @his_balaisartika

    Diantos Akang Teteh..

    BalasHapus
  16. Dear brides and grooms to be
    Salam hangat dari HIS Seskoad Grand Ballroom Bandung.
    Kami dengan bangga mempersembahkan venue terbaru kami yaitu “HIS Seskoad Grand Ballroom”, Gedung seskoad yang berletak strategis nan mewah yang menjadi favorit para calon pengantin ini kini berada di naungan HIS, untuk itu fasilitas yang terdapat di gedung seskoad grand ballroom kini berstandard seperti gedung HIS lainnya, “Ballroom full karpet eksklusif, AC, Lampu Kristal, dan design ruangan yang elegan&mewah”. Selain gedung, kami juga bekerjasama dengan banyak pilihan vendor ternama di Bandung, mulai dari catering, busana&MUA, dekorasi, music & entertainment, fotografi&videografi, MC, wedding car, hingga pelayanan yang kami miliki untuk membantu calon pengantin dari awal sampai akhir yaitu, Wedding Public Relations, Wedding Planner, dan Wedding Executor. Dengan sistem “One Stop Wedding Service”, Kami pastikan akan memberikan pelayanan terbaik dalam membantu dari awal hingga di hari Bahagia akang teteh
    Untuk itu kami mengundang akang teteh calon pengantin, untuk datang ke pre-launching HIS Seskoad Ballroom kami, dan segera dapatkan HARGA PRE-LAUNCHING yang pasti akan sangat worth it dengan fasilitas dan pelayanan yang kami berikan serta BONUS FANTASTIS! untuk akang teteh calon pengantin Cuma di HIS SESKOAD GRAND BALLROOM.

    For more info and detail call :
    Wedding Public Relations HIS Seskoad Grand Ballroom
    Jl. Gatot Subroto No. 96 Bandung.
    Giyan : 082261170022 (WA)
    INSTAGRAM : @his_seskoad @giyanti.hisseskoad

    See u brides and grooms to be!
    -HIS Wedding Venue Organizer-

    BalasHapus
  17. memang kak.. untuk cetak undangan memang sangat penting memilih vendor undangan yang terpercaya… saya ada rekomendasi untuk yg mau cetak undangan yang bisa selesai tepat waktu dengan hasil memuaskan. rjgraphicsjogja.com… desain bisa pilih sesuai selera dan bisa juga request desain… tanya tanya dulu juga boleh….

    BalasHapus