Senin, 31 Oktober 2016

Vaksin Serviks : Penting nggak sih?

Flashback ke setahun sebelum nikah, saya rajin baca blog-blog tentang dunia pranikah. Hal-hal yang perlu dilakukan bagi calon manten sebelum memasuki babak baru dunia perkawinan = kawin with biological meanings = make a baby.

Beberapa blogger banyak melakukan tes kesuburan untuk mengecek apakah para pasangan dalam kondisi subur. Si pria spermanya baik, maupun si wanita yang rahimnya sehat. Saya dan si mas waktu itu ada rencana untuk melakukan tes kesuburan, tapi wacana tersebut semangat di awal tapi jadi males pas di tengah-tengah mau nikah hekekekeke. Bismillah aja insha Allah semua sudah diatur Allah..

Meskipun nggak cek kesuburan saya sempat ke dokter kandungan untuk memeriksa kondisi rahim saya, karena kalo mens kadang suka sakit guling-guling di hari pertama. Alhamdulillah kondisi rahim saya bagus dan siap dibuahi huohohoho. Dokter pun menyarankan saya untuk melakukan perlindungan sebelum menikah yaitu suntik serviks, kemudian dokter menjelaskan terkait penyakit kanker serviks dan gambar-gambarnya. Ngeri boook, di hari itu saya pun langsung mengiyakan dokter untuk suntik serviks.

Setelah mencari beberapa rumah sakit di Bali untuk vaksin serviks ternyata.......... MAHAL YAHHH. *nangisbombay* *sehatitumahal*
Jadi nggak semangat suntik serviks karena ternyata mahal huhu, udah gitu juga saya masih harus nyiapin dana untuk nikah dan PP Bali - Jakarta buat persiapan nikah. Rasanya pengen kentut uang kalo bisa.

Setelah dipikir-pikir, hidup sehat kok masih sayang-sayang sih Na? Sehat kok masih mikir sih Na? Hm oke, niat berseluncur mencari beberapa lab dan rumah sakit di Bali yang menyediakan vaksin serviks pun dilakukan, akhirnya saya memutuskan di RS Sanglah, karena dekat dari kantor dan juga harganya lebih enak di kantong.

Jadi suntik serviks itu dilakukan 3 kali dalam jangka waktu bulan 1, bulan 2, dan bulan ke 6. Jika mau melakukan suntik serviks harus menghitungkan dulu jarak ke bulan pernikahan, maksimaal banget 7 bulan sebelum nikah. Waktu itu saya suntik di bulan Januari, Februari, dan Bulan Juli. Biayanya per suntik Rp 700.000 jadi ditotal Rp 2.100.000.

Sebelum vaksin, keadaan kita harus benar-benar masih perawan, kalo sudah pernah berhubungan seksual harus tes pap smear dulu baru di vaksin, gitu kata susternya.
Vaksin pertama saya ditemani sama si mas, karena takut suntik sendirian. #manja
"Gek, udah nikah?" Tanya suster di RS Sanglah
"Belum bu.." 
"Gek, udah pernah berhubungan seksual? ini pacar gek?"
"Iya bu ini pacar saya. Berhubungan seksual saya belom pernah bu."
"Beneran? Meskipun sekali aja gek belom pernah melakukan hubungan seksual?"
"Iyaaa ibu beneraan, saya masih perawaan."
*copot celana*

Adegan copot celana nggak ada deng, haha.
Oke saya bingung kenapa suster nanyanya terkesan maksa banget dan nggak percayaan kalo saya masih perawan. Huf..
"Soalnya di Bali udah biasa pacaran itu seks bebas, tinggal bareng kumpul kebo udah hal lumrah, apalagi hamil dulu baru nikah, beberapa justru pada bangga." Gitu kata mas adit.
Oke, jadi wajar aja kalo susternya nanyanya sampe segitunya yaaah haha
Pas suntik pertama saya langsung dikasih kartu bukti tanda serviks, suntiknya nggak sakit cuma bikin pegel-pegel tangan yang bekas suntik aja. Entah ini karena sugesti dari temen yang ngasi tau efeknya bakal pegel-pegel apa emang pegel beneran. Vaksin berikutnya biasa aja kerasanya, gak pegal-pegal lagi.

Apa yang diharapkan dari sebuah vaksin adalah tindakan preventif, ya semoga saja hidup kita benar-benar dijauhkan dari segala hal yang namanya kanker ya buibu pakbapak masemas mbamba. Kanker penyakit maupun kanker kantong kering di akhir bulan.


4 komentar:

  1. hii...celem banget hari pertama kedatangan bulan sampe guling-guling, kebayang kalau datengnya itu bulan pas lagi ada di mall...apa nggak heboh tuh satpam mall...eh

    tapi emang sih vaksin serviks sangat penting bagi para wanita...soalnya kalau udah kena serviks akan sangat tidak mengenakkan....mencegah lebih baik daripada mengobati

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha iya makanya kalo udah mens hari pertama nggak akan ke mall. Boro-boro ke mall paling gulingan di kasur doang.
      Iyaa bener banget, lebih baik dan lebih murah mencegah daripada mengobati. Hehe. Thanks ya sudah berkunjung^^

      Hapus
  2. vaksin serviks itu mihil banget inaaaa, aku ngerasain dulu sebelum nikah vaksin ini itu yang ternyata setelah ditotal-total bisa buat beli hape baru *ngedumel*
    tapi penting sih emang, untuk mencegah resiko kedepan-depannya. Anyway, happy wedding ya!!! semoga samawa <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bangeet kaakk!! Aku juga pas mau ngeluarin uangnya mikir 1000kali tapitapi demi masa depan ya rela deh kantong kering dulu :")
      Thank you ya kakkk, happy wedding juga kak aggy! Aku idola blog kakak loh, kapan-kapan ajarin dan sharing dong kak hihi.

      Hapus