Senin, 14 November 2016

Belajar jadi Ibu Rumah Tangga (IRT)

Liat harga rumah di Bali rasanya pengen nanam pohon duit, gileee mahal banget!! Lebih mahal dari rumah di Bekasi.
Kadang kita suka jalan-jalan terus liat rumah sambil ngebayangin, "Mas tuh rumahnya bagus ya, ada tamannya. terus kalo dikasih ayunan bagus mas bisa main-main depan rumah" Wekekeke
Ya namanya juga berdoa ya mas semoga ada rejeki bisa nyicil rumah tahun ini, aamiin ya rabbalalamin.

Tapi ketika liat-liat rumah kadang saya sendiri suka merusak ekspektasi rencana indah kita, "Punya rumah besar gitu bersihinnya kapan ya mas, kita aja di atas ruko masih suka berantakan. hahahaha"
"Udah gak usah dipikirin, masa punya rumah takut bersihinnya. Ntar juga rapih sendiri" jawaban mas adit emang bener, saya aja yang orangnya parnoan.

Sejak kecil saya nggak pernah dibiasain sama urusan rumah tangga utamanya urusan dapur, jadi dulu cuma diajarin nyuci baju, nyetrika, beres-beres. Itupun cuma kuat beberapa bulan, seterusnya mama ada ART yang tugasnya khusus untuk nyuci baju dan nyetrika. Alhasil tugas saya cuma beres-beres kamar.

Urusan dapur ada mama dan Mbak Yem. Mbak Yem itu ART yang udah kayak bude sendiri, soalnya udah ikut keluarga saya 27 tahun lamanya. Kalo dirumah saya masak kue tinggal make semua perabotan rumah brat-bret-brat-bret abis kelar alat dapur kasih ke Mbak Yem biar dicuci. Setelah nikah ehmm saya mau ngasih pelukan dan ucapan terima kasih yang amat sangat ke Mbak Yem karena dia udah baiiiik bangeeettt dan gak pernah ngeluh walaupun cucian piring SEGUNUNG :"")

Meskipun pernah merantau, itu nggak membuat saya lantas jadi anak yang rajin, tapi setidaknya membuat saya perfeksionis terhadap kebersihan karena saya punya eksim. Sehari nyapu dua kali, ngepel seminggu sekali. Udah itu aja kemajuan saya soal skill Kerumah-Tanggaan.
Lagi-lagi urusan dapur, saya cuma bisa motong bawang sama masak nasi goreng.

Emang dasarnya saya sejak masih gadis udah terlanjur manja kali ya, jadi rasanya pegeeel banget kalo udah waktunya IRT Time. Awal nikah saya masih suka perfeksionis, pengen melayani suami sebaik mungkin! Jadi saya pengen suami saya itu terima beres untuk urusan rumah tangga, tinggal awal bulan aja terima pesangon dari suami, dan duit saya dipake tabungan dan foya-foya :P

Setelah nikah saya latihan masak, bangun jam 5 langsung masak dimana masih newbie masak 2 makanan bisa 2 jam!! *tangan keriting*
Langsung nyapu, beres-beres, mandi, bangunin suami untuk kerja dan berangkat ke kantor jam 8 pagi.
Pulang kerja, masak-nyuci piring (lagi)-nyapu(lagi)-nyetrika, semuamuanya saya kerjain sendirian-setiap hari. Kebiasaan waktu single gak bisa liat yang berantakan, jadi kebawa sampe nikah. Dikit-dikit diberesin, dibersihin sampe saya kecapekan sendiri huhuhu :"(

Suami suka kasian liat saya, kalo udah malem nggak berenti ngalur ngidul beres-beres.
"Udaah nggak usah diberesin kamu nanti capek, biarin aja masih ada weekend. Nanti aku beresin, aku cuciin, nyetrika taruh aja di laundry, masak kalo capek beli aja."
"Nggak bisa mas, aku nggak bisa liat debu, nyetrika duh ngapain disetrikain aku bisa nyetrika sendiri, masak juga aku pengen belajar masak udah biar aku aja yang ngerjain."

Tapi...itu hanya bertahan 1 bulan lamanya, karena setelah itu darah rendah saya langsung kumat karena kecapekan hahaha. 
Kadang saya merasa... Aduh, ini saya gak ada bakat di bidang ke rumah tanggaan apa gimana ya :""

Saya rasa ini semua adalah pembelajaran dan adaptasi dari dunia baru kita, begitupun suami saya.
Pernah awal nikah si mas masang lampu, "GREKKK"
Lampunya copot!! huahahaha

Atau pas lagi ngecat. Jadi ceritanya kita salah ngecat warna, maunya ngecat semua tembok pake warna ijo taunya catnya kurang dan tokonya udah tutup, karena males kerja dua kali. Si mas berpikir keras untuk mengatasi keblentongan cat yang udah di cat sebagian. 
Dengan susah payah dia masangin plester di tembok. Pura-puranya catnya bentuknya garis-garis gitu, tukang ngecat beberapa jam udah kelar. Kita berdua ngecat sampe dua hari. huahahaha.

Ya lagi-lagi sebagai suami-istri newbie kita memang nggak ahli. Tapi kita belajar dan nyoba. 
Pernikahan emang dunianya pembelajaran. Mungkin kalo nggak nikah saya nggak akan belajar masak dan bagi waktu. Mungkin juga si mas nggak akan berusaha untuk bisa jadi lebih dewasa dan kenal dunia pertukangan. Semua itu butuh proses, proses saya mengenal watak mas adit yang kalo tidur suka nggelinding kebawah, dan berusaha saling memahami serta menghargai kebiasaan masing-masing.

Sekarang saya udah bisa masak 1 jam dengan 2 lauk, ditambah motong buah sebagai cemilan pagi.
Dari nikah yang baru seumur jagung ini saya jadi belajar bahwa IRT adalah sebuah pekerjaan hebat yang butuh pengorbanan dan kerja keras, gak dapet gaji tapi rela melayani seluruh keluarga. Salut banget :")

Tidak ada komentar:

Posting Komentar