Selasa, 03 Januari 2017

Resolusi 2017 : Hidup Sehat!

Tema dari resolusi tahunan menyambut hadirnya tahun baru 2017 adalah : HIDUP SEHAT!!

Hidup sehat? Jadi selama ini hidupmu nggak sehat Na?
Iya!

Tidak sehat bisa kita lihat dari beberapa aspek, makanan tidak sehat, lingkungan rumah tidak sehat, pertemanan tidak sehat, kantor yang tidak sehat, kondisi keuangan yang tidak sehat #halah
Pokoknya semua yang dirasa "tidak sehat" di tubuh, di hati, maupun di rasa wajib dicarikan solusinya dan diganti!

Paling tidak sehatnya sih makanan, berhubung Ind***ret lagi sering banget promo beli 2 gratis 1 dan juga ya kalo yang di deket rumah ***oma*** nya baik banget! Tiap belanja 50000 dapet gratis makanan saji disana ada mac and cheese, spaghetti, nasi uduk, nasi kuning, dan lain-lain. Jadilah kami (saya dan si mamas) tiap jam 9 kurang me-review rumah "Hmm ada kebutuhan yang bisa di beli gak yaaa di Indo******"
Alhasil stok-stok biskuit, ciki, minuman manis selalu tersedia di kulkas kami dan kami selalu merasa bersalah tiap sebungkus makanan dan minuman itu abis dimakanain oleh kita.

Selain itu, saya juga membuat dapur jadi sok simple dengan memasak pagi buat bekal ke kantor yang banyaaak dan sisanya di masukin kulkas, pulang kantor tinggal panasin dan goreng telur atau tempe. Simpel kan? Iya! Sehat nggak? KAGAK.

Makanan sebaik nya tidak dipanaskan berulang, apalagi sayur, beberapa sayur memiliki kandungan racun jika dipanaskan berulang-ulang seperti Bayam. Jadi kebiasaan ini akan ditinggalkan di 2017, bhaay manas-manasin :"""""D

Suami saya adalah orang yang selalu mendukung untuk bisa hidup sehat alhamdulillah! Kesepakatan kami untuk hidup sehat ialah..... mencoba food combining!!
Bukan dalam rangka menguruskan suami yaa :P tapi sehat itu bagian dari investasi jangka panjang, karena sakit mahal banget bok!

Food combining ala saya dan si mamase (masih pemula banget jadi mohon jangan ditimpuk bata kalo masih nggak sesuai dengan FC sesungguhnya) :
1. Bangun Tidur :
Minum Lemon hangat / Jeruk nipis hangat. (Cara menyiapkannya juga jangan salah ya! rebus air dulu dan disiapkan di gelas, baru di peras jeruk lemon/jeruk nipisnya.)

2. Sarapan :
Sarapan Buah. Biar ga bosen buahnya divariasiin macem-macem, dan biar murah beli buah musiman yang lagi ada di pasar aja.

3. Makan siang dan Makan malam :
Nasi dan sayur ditambah tempe/tahu/jamur.
Berhubung kesepakatan saya dan si mas bahwa daging hanya dimasak pas weekend jadi tiap weekday saya cuma masak nasi dan sayur serta lauk pauk tanpa daging. Kalo lagi males masak sayur ya lalapan aja buat sambel deh :D

Saat weekend baru saya masak daging dan sayuran, tanpa nasi. Yang gampang dibuat sih sop dengan sayur yang banyak. Tapi sebagai manusia biasa, weekend kami sering curang melanggar aturan hidup sehat dengan memakan nasi rendang, sayur nangka, gule kikil di warung padang. Huft


Selain makanan, olahraga kami mulai rutin lagi seminggu 2-3 kali jogging di lapangan lumintang. Cemilan Indo***** pun kita gantikan dengan singkong, maupun ubi. 

Emang nggak mudah ya hidup sehat, kuncinya ada pada kemauan dan disiplin untuk terus konsisten. Semoga hidup sehat ini bisa jadi investasi kita di usia 40 ke atas biar tetap sehat ya mas. Semoga si eksim dermatitis gak akan pernah kembali lagi dengan pola hidup sehat ini. Nanti kalo ada perubahan yang signifikan terasa akan saya update lagi di blog ini. ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar